Sunday 16 June 2013

Laporan Kerja Praktek proyek Cibinong City Mall (part 1)

Untuk kesekian kalinya aku datang ke Proyek Cibinong City Mall demi memenuhi persyaratan kerja praktek untuk S1 Arsitek . Alasan kenapa aku pilih proyek ini entah kenapa tertarik dengan bangunan Mall dan juga karena jaraknya yang deket rumah sebetulnya... 

Lokasi :


Nah langsung aja deh ya, ngapain aja tuh aku di Lapangan . Biasanya aku selalu bareng PM yang membantu aku menjawab semua pertanyaan yang aku gak tahu . Berhubung hari itu PMnya ( Pa Bahar ) lagi sibuk ngurusin pemasangan AC di roof . Jadi aku liat-liat sendiri aja dibantu dengan staf-staf yang sedang berada di Lapangan .
 
Liat pemasangan GRC untuk payung-payung atau bisa kita sebut jamur-jamur . Apalah itu , yang gambaran setelah jadi kurang lebih seperti ini . :D
Ada juga yang lagi masang stainlees stell untuk efek lampu-lampu nantinya . Wihh...buat yang ini keren banget kalo udah jadi , selain permainan efek lighting bakal ada backsoundnya juga ketika  permainan lampu mulai berantraksi 



Yang ini lagi pada masang ACP / alucopan / singkatan dari Alumunium Composit Panel . Potongan ACP ini udah pabrikasi dan tinggal pasang aja sesuai rencana disain . 

Ada juga yang menarik di sini adalah detail pada ceiling . Kembali ke konsep dasar adalah pencarian bentuk bentuk alam . Ceiling dibuat sedinamis mungkin , seperti pusaran air .


Ini adalah proses pemasangan marmer . Pemasangan marmer tidak semudah pemasangan keramik , selain pencarian motif yang kurang lebih harus sama dalam setiap lapisan batu yang di iris . Memasang marmer harus terlebih dahulu dipasang , diukur , barulah dirapihkan potongannya . Karena kalo di potong terlebih dahulu baru dipasang , bisa-bisa marmer 1 dengan yang marmer lainnya tidak pas saat di pasang . Bisa terbentuk jarak nat yang kelebaran . Bisa dilihat marmer itu ukurannya lebih besar dari pada orang-orang yang masangnya , hihi





Kurang lebih main gate akan seperti ini , di lapangan sendiri lagi pada bingung gimana kong liong
 menjadi central , akibat garis vertikal warna warni yang melengkung . Kong liong jadi tidak bisa central seperti yang di rencanakan . Akhirnya kabar terakhir pada main gate akan dibuat 2 sirkulasi , sirkulasi utama dan nyempillah sirkulasi orang yang kurang lebih memiliki lebar kurang dari 1 meter . Buat yang gak tau kong liong itu apa , aku sendiri juga baru cari tau . Kurang lebih sebagai batasan antara ruang satu dengan ruang lainnya . Aplikasi dalam Mall ini kurang lebih sebagai pembatas antara ruang luar dan ruang dalam . Tentu asal usul ini di adaptasi dari china , bisa juga kalau aku kaitkan sama pemilik dari Mall ini berhubung orang china jadi haruslah pake istilah-istilah begituan . Mungkin lho ya , ini analisa aku aja .

Sayang gambar kong liongnya ga jelas karena ada truk , masalahnya adalah lengkungan yang ada di sebelah kanan seperti yang aku bilang 

Selanjutnya perspektif dari berbagai arah 








Pekerjaan proyek bukanlah suatu pilihan pekerjaan yang beresiko , lihatlah betapa lincahnya mereka ini berdiri di scaffolding . Aku liatnya aja udah ngeri jatuh atau gimana , belum lagi mereka membawa beban diri mereka dan juga material yang harus diangkut . Takjub . 

pemasangan balok untuk kanopi



No comments:

Post a Comment